Ketua Panwascam Maro Sebo Resmi Lantik 12 Orang PPKD Terpilih.  Sedan Plat Merah Alami Kecelakaan Di Kota Jambi, Didalamnya Ada Wanita Bugil Heboh Kabar Penculikan Anak di SD Pembengis Di Konfirmasi Polres Setempat.  Sebanyak 28  Calon PPKD Kecamatan Maro Sebo, Yang Lulus Seleksi Administrasi Akan Ikuti Wawancara. Miris..!! Siti Zubaidah,Guru PNS, Setelah Pensiun Tidak Mendapatkan Haknya,Dia Berharap Bantuan Dari Presiden

DPRD MUARO JAMBI

Home / Berita

Kamis, 1 Desember 2022 - 20:03 WIB

Bea Cukai Jambi dukung PT CLB eksport madu ke Singapura

Ultimatum. Id, JAMBI – Kantor Bea dan Cukai Jambi mendorong dan mendukung penuh usaha PT Cipta Lebah Berkah (CLB) yang memproduksi madu lebah untuk diekspor madunya ke Singapura dan Malaysia yang dilakukannya saat ini.

Kepala Kantor Bea dan Cukai Jambi Wijang Abdillah, Rabu mengatakan pihaknya mendukung penuh dan mendorong semua pihak untuk bisa melakukan kegiatan ekspor semua komoditinya dari asal Jambi, termasuk juga dengan PT CLB yang hari ini resmi mengekspor sebanyak 250 kilogram madu ke Singapura dengan menggunakan jalur pengiriman barang dari Jambi dengan dilengkapi dokumen resminya.

“Kami Bea dan Cukai sesuai instruksi Menteri Keuangan untuk mendorong kegiatan ekspor dari asal daerahnya masing-masing dengan membantu para pelaku untuk mendapatkan izin resmi pengiriman ke luar negeri dari pihaknya, seperti yang dilakukan Nurlela sebagai eksportir madu asal Jambi,” katanya.

Untuk PT CLB merupakan dukungan dari Bea dan Cukai Jambi serta semua pihak terkait untuk bisa mengirimkan madu nya ke Singapura dan kali ini mereka mengekspor madu lebah itu ke Singapura melalui kargo penerbangan di Jambi melalui maskapai Garuda sebanyak 250 kilogram.

Berita Terkait  Ribuan Paket sembako Dibagikan Polda Jambi Ke Masyarakat

Wijang mengatakan jika pelaku lainny ada kendala terkait ekspor maka diharapkan kepada seluruh pengusaha atau pelaku dapat berkoordinasi dengan pihak Bea dan Cukai Jambi dan kami siap membantunya hingga pelaku dapat melakukan ekspor tersebut.

“Untuk ibu Nurlela sebelumnya madu lebahnya tidak memiliki dokumen resmi dan kami bantu hingga selesai mendapatkan dokumen resmi dan hingga saat ini sudah resmi mengekspor,” katanya.

Selama ini PT CLB milik Nurlele dianggap dunia internasional pengiriman madunya legal atau tidak resmi dalam mengirim produk madu lebahnya ke luar negeri karena tidak lengkapnya dokumen dan saat ini dengan bantuan resmi berbagai pihak maka PT CLB bisa mengirim madu lebahnya ke Singapura dan Malaysia.

Berita Terkait  Polda Jambi Terapkan Pembatasan Angkutan Batu bara Saat Perayaan Natal dan Tahun Baru 

Sementara itu Nurlela pelaku eksportir madu PT CLB mengatakan untuk bisa ekspor madu lebah kita perlu melakukan standarisasi sesuai ketentuan dan aturan dimana untuk melakukan pengiriman madu ini sangat rentan sekali dan mudah terfermentasi, maka perlu standarisasinya agar bisa mengirim madu ke luar negeri.

Saat ini banyak petani madu lebah di Jambi tidak memikirkan standarisasi tersebut, seperti contohnya panen madu kemudian langsung dimasukan ke galon hal ini yang salah karena madu itu mudah dan cepat terpermentasi atau rusak kwalitasnya.

“Saya melakukan standarisasinya mulai dari prioduksi madu hingga pengirimannya keluar, saya saat ini cukup banyak permintaan madu lebah dari luar negeri namun selama ini terkendala dengan tidak lengkapnya dokumentasi pengiriman mulai dari BPOM, Balai Karantina Pertanian dan Bea Cukai serta pihak lainnya,” kata Nurlela.

Berita Terkait  Warga Jambi Sebrang Kota Krisis Air Bersih, 9 Ton Air di Suplly Polda Jambi ke Warga. 

Dia juga mengatakan yang utama adalah keyakinan dan harus berkoordinasi dengan semua pihak untuk bisa melengkapi dokumen resmi pengiriman ekspor madu lebah dan kita harus menjamin ketahanan dan penyimpanan madu di konsumen. Sejak 2008 PT CLB sudah mengirim madu lebah ini keluar namun tidak menggunakan dokumen resmi atas nama produksi kami sendiri.

Namun mulai saat kami menggunakan jalur pengiriman secara resmi ekspor madu lebah ke Singapura dan Malaysia sebanyak 250 kilogram dan kedepannya akan mengekspor madu dengan resmi menggunakan dokumen sah atas nama perusahaan sendiri.

Dengan luas lahan dua ratus hektare di kawasan Danau Lamo Kabupaten Muaro Jambi, Provionsi Jambi, PT CLB bisa panen madu dalam sebulannya tiga hingga lima ton madu lebah dan ini merupakan potensi besar Jambi untuk menjadi eksporti madu kedepannya.

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Sambut HUT Lantas Ke-67 Dirlantas Polda Jambi Gelar Giat Car Free Day

Berita

HGU dan Pemanfaatan dan Pengelolaan Aset Negara

Berita

Pj.Bupati Bachyuni Deliansyah, Launcing Penyerahan (DPA-SKPD Pemkab Muaro Jambi,TA -2023. Dan Serahkan 17 Piagam. 

Berita

Adyaksa Provinsi Jambi Didemo Aktivis Jambi. Ini Tuntutannya.

Berita

Ditlantas Polda Jambi Dapat Penghargaan Dari Gubernur, Terkait Permudah dan Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Pembayaran Pajak Kendaraan

Berita

AAUPB VERSUS KEBIJAKAN DAN KEPENTINGAN

Berita

Danrem 042/Gapu Pimpin Sidang Parade Caba PK TNI AD Reguler dan Khusus Keagamaan Pria TA 2022

Berita

Pungutan Komite Yang Terjadi Di SMKN 1 Muaro Jambi Berbuntut Panjang. Orang Tua Murid Sebut Seolah-olah DPRD Restui Terjadinya Pungli.