Setidaknya 12 Ruko Diperkirakan Ludes Terbakar Pada Peristiwa Tadi Malam BREAKING NEWS : Kebakaran Terjadi Lagi di Kuala Tungkal Terkesan Ada Pembiaran. Bertahun-tahun Aset Sejarah Kabupaten Muaro Jambi Dijarah. ANGGARAN DAN KEPANIKAN KEBIJAKAN PANIK Setelah Blokir Jalan Kemudian Di Buka Aparat. Lalu Warga Mudung Darat Gotong Royong Perbaiki Sendiri Jalan Yang Rusak.

Home / Berita

Rabu, 16 November 2022 - 20:20 WIB

BPBD Gelar Sosialisasi dan Simulasi Sekolah Aman Bencana Bagi Pelajar di Betara

Ultimatum.id,BETARA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Tanjab Barat Gelar Sosialisasi dan Simulasi Sekolah Aama Bencana bagi Pelajar SD, SMP/MTs dan SMA/SMK di wilayah Kecamatan Betara.

 

Kegiatan dibuka oleh Kepala Pelaksana BPBD Tanjab Barat Drs. Zulfikri, MAP di Embung Wisata Desa Muntialo Kecamatan, Rabu (16/11/22).

 

Sosialisasi dan Simulasi Sekolah Aman Bencana bagi pelajar ini dilaksanakan selama 2 hari, hari Rabu (16/11/22) bagi Pelajar SD dan SMP/MTs dan pada Hari Kamis (17/11/22) bagi Pelajar SMA dan SMK.

 

Dalam kegiatan ini BPBD mengandeng IGI Provinsi Jambi dan Komunitas Literasi Serta pihak Perusahaan Petrochina Internasional Jabung Ltd.

Berita Terkait  Terkait Pembangunan Jembatan Gantung Seponjen Yang Jadi Sorotan Anggota DPRD. Yultasmi Sebut Itu Hanya Diatas Panggung.

 

Kepala Pelaksana BPBD Tanjab Barat, Zulfikri mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Perusahaan untuk terlibat aktif dalam upaya Pencegahan dan Kesiapsiagaan Dalam Penanggulangan Bencana.

 

“Melalui Kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Sekolah Aman Bencana kita dapat memberikan edukasi pembekalan kepada Siswa atau pelajar yang tentunya hal ini tidak terlepas juga terutama dalam rangka upaya kita untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana,” ujar Zulfikri yang langsung mengawal kegiatan ini sekaligus sebagai Narasumber beserta Tim dari Basarnas Kuala Tungkal.

 

Zulfikri lanjut mengatakan pemilihan lokasi Embung Wisata Muntialo ini dikarenakan Embung ini selain sebagai objek Wisata juga sering digunakan BPBD dan Stakeholder penanggulangan bencana lainnya.

Berita Terkait  TRILIUNAN RUPIAH KEKAYAAN NEGARA MENGUAP

 

“Embung ini juga sebagai tempat POSKO Lapangan Pengendalian pelaksanaan Karhutla Kab. Tanjab Barat,” jelasnya.

 

Selain Mendapat Pembekalan Pengetahuan terkait Kebencanaan para siswa/pelajar juga mendapatkan kegiatan teori dan Praktek Simulasi Water Rescue/Penyelamatan korban bencana di Air serta kegiatan Game -game kebencanaan.

 

Narasumber terdiri dari Tim BPBD dan Tim Basarnas Pos Kuala Tungkal.

 

Ditempat yang sama pihak Petrochina Internasional Jabung Ltd menyampaikan kegiatan ini diharapkan mampu untuk membangun budaya siaga, budaya aman dan budaya pengurangan risiko bencana di sekolah.

Berita Terkait  Tidak Ada Surat Hibah.Kantor PWI Jambi Masih Berstatus Aset Pemprov.

 

Kemudian membangun ketahanan dalam menghadapi bencana oleh warga sekolah secara terencana, terpadu dan terkoordinasi dengan pemanfaatan sumber daya yang tersedia dalam rangka memberikan perlindungan kepada warga sekolah dari ancaman dan dampak bencana.

 

“Kemudian menyebarluaskan dan mengembangkan pengetahuan kebencanaan kepada masyarakat luas melalui jalur pendidikan sekolah,” ujarnya.

 

Pembukaan turut dihadiri oleh Pihak Perusahann Petrochina Internasional Jabung Ltd,( Pak. Laksno), Polsek Betara, Danramil, Basarnas, Ketua dan Pengurus IGI Provinsi Jambi, Komunitas Literasi serta beberapa tokoh masyarakat dan Kepala Desa Muntialo.(Ngah)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

HUT Ke-72 Pol Airud Polda Jambi,Gelar Kegiatan Kemanusiaan Donor Darah

Berita

KEPALA MAKAN DARI KEPALA

Berita

Polresta Jambi Gelar Operasi Zebra 2022

Berita

Maraknya Aksi Geng Motor  Di Jambi, TNI POLRI Lakukan Sosialisasi Pencegahan.

Berita

Ihsan Atlet FPTI Tanjabbar Berpeluang Ikuti Kejurnas di Ambon Maluku

Berita

HGU dan Pemanfaatan dan Pengelolaan Aset Negara

Berita

Ketua DPRD Tanjabtim Pinta Pemda Dan PTPN VI Perbaiki Akses Jalan Penghubung Dua Kecamatan Yang Rusak Parah.

Berita

Ditpolairud Polda Jambi Amankan 10 Preman Pasar Angso Duo Lakukan Pungli