Illegal  Driling  Di Jambi Dikatakan Jamhuri ” Menjadi Ajang Turnament Petak Umpet. Ditpolairud Polda Jambi Amankan 10 Preman Pasar Angso Duo Lakukan Pungli Ratusan Paket Sembako Dibagikan Ditlantas Polda Jambi ke Masyarakat Sambut HUT Lantas ke 67 MENGURAI CARUT MARUT HITAMNYA WARNA BATUBARA Gudang Minyak Ilegal Dibongkar Oleh Tim Gabungan Polresta Jambi, TNI, Denpom dan Pemkot

Home / Berita / Muaro Jambi / Pendidikan

Sabtu, 17 September 2022 - 07:38 WIB

Pangdam II/Swj Beri Kuliah Umum di Unja,Dengan Tema Jaga Persatuan,Nasionalisme dan Indonesia Emas di tahun 2045

Ultimatum.id,JAMBI – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han, memberikan Kuliah Umum dengan tema “Jaga Persatuan dan Perkokoh Nasionalisme Menuju Indonesia Emas 2045” di Balairuang Kampus Pinang Masak Universitas Jambi (Unja), Desa Mendalo Indah Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi. Jumat (16/9/2022).

Tiba di Kampus Pinang Masak Unja, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi beserta rombongan disambut langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Dr. Sutrisno, M.Sc., Ph.D beserta para Wakil Rektor, perwakilan para Dekan dan para Kepala Biro UNJA.

Penyambutan ditandai pemasangan selempang Universitas Jambi oleh Rektor kepada Pangdam II/Sriwijaya.

Dihadapan lebih kurang 1200 Mahasiswa Mayjen TNI Hilman Hadi mengatakan bahwa beliau tidak asing dengan kampus Unja karena Orangtuanya mulai karier sampai purna di Unja dan dirinya sempat kuliah di Unja selama 2 Semester di Fakultas Pertanian sebelum beliau lulus masuk Akademi Militer.

Berita Terkait  Pererat Silaturahmi Dengan Masyarakat,Kodim 0419 / Tanjab Gelar Pertandingan Olahraga dan Lomba pada perayaan HUT TNI ke-77,

Sebelum masuk materi kuliah umum Mayjen TNI Hilman Hadi menyampaikan “Sukses itu bukan tujuan, sukses itu merupakan proses, dalam proses kehidupan banyak orang yang terlibat dan jangan dilupakan tetap jaga silahturahim.

Dalam kuliah umum ini, Pangdam mengatakan ada 3 hal yang akan disampaikannya, yakni, Masalah Persatuan, Masalah Nasionalisme dan Bagaimana Indonesia Emas di tahun 2045.

“Negara Kita adalah negara Kepulauan berbagai macam suku bangsa, bahasa, dan memiliki arti penting bagi kita semua dan kita sudah diakui dunia, saat ini negara kita ada permasalahan perbatasan yang sampai saat ini masih alot, yaitu perbatasan negara kita dengan Malaysia, Timor Leste dan Papua Nugini. Permasalahan ini dibutuhkan diplomat-diplomat ulung untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,” jelasnya.

Selain itu Mayjen Hilman Hadi juga mengatakan Pentingnya menjaga persatuan dalam keberagaman guna mempertahankan kelangsungan Negara NKRI, dimana pentingnya kita menjaga nilai budaya kita agar dapat dinikmati oleh anak cucu kita di tahun 2045 sehingga tercapainya Indonesia yang maju, mandiri dan berdaulat adil dan makmur.

Berita Terkait  Meriahkan HUT RI ke 77, Dirreskrimsus Polda Jambi Ikuti Lomba Lari 10k Finish Candi Muaro Jambi

“Nasionalisme adalah semangat Kebangsaan, semangat kebangsaan adalah perpaduan atau kesadaran hidup berbangsa dan bernegara, menjaga norma kesatuan dan berorientasi kepada Pancasila dan UUD 1945, Semangat Bela negara harus tertanam disanunbari kita hingga menumbuhkan jiwa patriotisme dengan mengutamakan sikap kejujuran dan keadilan bagi adik-adik semuanya selaku calon pemimpin masa depan bangsa ini,” tambahnya.

Kemudian ia mengatakan Indonesia Emas di Tahun 2045 merupakan slogan atau simbol Penguatan SDM berbasis Knowledge dan ilmu teknologi, pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah jangka panjang guna menghadapi era emas di tahun 2045.

Terakhir, Pangdam berikan atensi khusus kepada para mahasiswa, yakni jadilah agen-agen perubahan positif dan menjadi kompetensi di Four Point Zero ini. Kemudian harus memiliki kemampuan _Critical Thinking_ (Berfikir Kritis), Kreatif dan Inovatif, _Colaboration_ (Berkolaborasi) dan _Communication_ (Komunikasi). “Keempat inilah yang menjadi dasar kompetensi sumber daya manusia di _Four Point Zero”._ pungkasnya,

Berita Terkait  Pria di Teluk Nilau Meninggal Gantung Diri di Kamar Mandi

Sebelumnya Rektor Unja, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, di Universitas Jambi.

“Ada 2 hal penting yang saya sampaikan yaitu kedepan akan adanya Rencana Manunggal TNI di Kabupaten Batanghari dimana melibatkan Mahasiswa terutama mahasiswa fakultas Pertanian dan Peternakan, kemudian akan ada kerja sama dengan TNI AD terkait untuk kepentingan dan kemajuan bangsa jika dibutuhkan oleh Jajaran Kodam II Sriwijaya khususnya Korem 042 Garuda Putih,” ujar Rektor.

Turut mendampingi Pangdam II/Sriwijaya, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M Danrem 043/Gatam, Kapoksahli Pangdam, Asintel, Asops dan Aster Kasdam II/Swj, Kapendam, Kasrem 042/Gapu, Para Kasi Kasrem 042/Gapu dan para Dandim jajaran Korem 042/Gapu.

 

Otentikasi : Penrem 042/Gapu

Share :

Baca Juga

Berita

Akses Jalan Lingkungan Belakang SD 5 Juga Depan Masjid Ini Rusak Parah, Pemkab Terkesan Tutup Mata.

Berita

Mahasiswa KKN Tematik UNJA 2022 Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Produk Turunan Pinang (Areca cathechu L. ) Di Kelurahan Bram Itam Kiri

Berita

Pengamanan Pilkades Serentak 2022, Polres Tanjabbar Terjunkan 265 Personel

Berita

Dikunjungi Stafsus Menkumham, Kakanwil : Meski Over Kapasitas Dengan Tempat Terbatas Warga Binaan Mampu Berkreatifitas

Berita

Tergiur Nikah Dengan WNA, Anak Jangan Jadi Korban

Berita

Ini Kronologis Lakalantas Honda Beat VS Dump Truck di Teluk Nilau

Berita

SYMPONI KEHIDUPAN RIMBA RAYA

Berita

Yuli Setia Bakti Ketua DPRD Muaro Jambi Pimpin Rapat Paripurna Perubahan Ranperda APBD Muaro Jambi TA 2022