Ketua Panwascam Maro Sebo Resmi Lantik 12 Orang PPKD Terpilih.  Sedan Plat Merah Alami Kecelakaan Di Kota Jambi, Didalamnya Ada Wanita Bugil Heboh Kabar Penculikan Anak di SD Pembengis Di Konfirmasi Polres Setempat.  Sebanyak 28  Calon PPKD Kecamatan Maro Sebo, Yang Lulus Seleksi Administrasi Akan Ikuti Wawancara. Miris..!! Siti Zubaidah,Guru PNS, Setelah Pensiun Tidak Mendapatkan Haknya,Dia Berharap Bantuan Dari Presiden

DPRD MUARO JAMBI

Home / Berita / Muaro Jambi / Pendidikan

Sabtu, 17 September 2022 - 07:38 WIB

Pangdam II/Swj Beri Kuliah Umum di Unja,Dengan Tema Jaga Persatuan,Nasionalisme dan Indonesia Emas di tahun 2045

Ultimatum.id,JAMBI – Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han, memberikan Kuliah Umum dengan tema “Jaga Persatuan dan Perkokoh Nasionalisme Menuju Indonesia Emas 2045” di Balairuang Kampus Pinang Masak Universitas Jambi (Unja), Desa Mendalo Indah Kec. Jaluko Kab. Muaro Jambi. Jumat (16/9/2022).

Tiba di Kampus Pinang Masak Unja, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi beserta rombongan disambut langsung oleh Rektor Universitas Jambi Prof. Dr. Sutrisno, M.Sc., Ph.D beserta para Wakil Rektor, perwakilan para Dekan dan para Kepala Biro UNJA.

Penyambutan ditandai pemasangan selempang Universitas Jambi oleh Rektor kepada Pangdam II/Sriwijaya.

Dihadapan lebih kurang 1200 Mahasiswa Mayjen TNI Hilman Hadi mengatakan bahwa beliau tidak asing dengan kampus Unja karena Orangtuanya mulai karier sampai purna di Unja dan dirinya sempat kuliah di Unja selama 2 Semester di Fakultas Pertanian sebelum beliau lulus masuk Akademi Militer.

Berita Terkait  Dir Lantas Polda Jambi Sampaikan Hasil Tujuh Hari Berjalan Operasi Zebra

Sebelum masuk materi kuliah umum Mayjen TNI Hilman Hadi menyampaikan “Sukses itu bukan tujuan, sukses itu merupakan proses, dalam proses kehidupan banyak orang yang terlibat dan jangan dilupakan tetap jaga silahturahim.

Dalam kuliah umum ini, Pangdam mengatakan ada 3 hal yang akan disampaikannya, yakni, Masalah Persatuan, Masalah Nasionalisme dan Bagaimana Indonesia Emas di tahun 2045.

“Negara Kita adalah negara Kepulauan berbagai macam suku bangsa, bahasa, dan memiliki arti penting bagi kita semua dan kita sudah diakui dunia, saat ini negara kita ada permasalahan perbatasan yang sampai saat ini masih alot, yaitu perbatasan negara kita dengan Malaysia, Timor Leste dan Papua Nugini. Permasalahan ini dibutuhkan diplomat-diplomat ulung untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,” jelasnya.

Selain itu Mayjen Hilman Hadi juga mengatakan Pentingnya menjaga persatuan dalam keberagaman guna mempertahankan kelangsungan Negara NKRI, dimana pentingnya kita menjaga nilai budaya kita agar dapat dinikmati oleh anak cucu kita di tahun 2045 sehingga tercapainya Indonesia yang maju, mandiri dan berdaulat adil dan makmur.

Berita Terkait  Polsek Mestong Adakan Mediasi. Namun Tetap Saja Tuntutan SPTN Agar Dapat Bekerja Tak Di Penuhi Pihak PT SIP.

“Nasionalisme adalah semangat Kebangsaan, semangat kebangsaan adalah perpaduan atau kesadaran hidup berbangsa dan bernegara, menjaga norma kesatuan dan berorientasi kepada Pancasila dan UUD 1945, Semangat Bela negara harus tertanam disanunbari kita hingga menumbuhkan jiwa patriotisme dengan mengutamakan sikap kejujuran dan keadilan bagi adik-adik semuanya selaku calon pemimpin masa depan bangsa ini,” tambahnya.

Kemudian ia mengatakan Indonesia Emas di Tahun 2045 merupakan slogan atau simbol Penguatan SDM berbasis Knowledge dan ilmu teknologi, pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah jangka panjang guna menghadapi era emas di tahun 2045.

Terakhir, Pangdam berikan atensi khusus kepada para mahasiswa, yakni jadilah agen-agen perubahan positif dan menjadi kompetensi di Four Point Zero ini. Kemudian harus memiliki kemampuan _Critical Thinking_ (Berfikir Kritis), Kreatif dan Inovatif, _Colaboration_ (Berkolaborasi) dan _Communication_ (Komunikasi). “Keempat inilah yang menjadi dasar kompetensi sumber daya manusia di _Four Point Zero”._ pungkasnya,

Berita Terkait  Sepanjang 2022 Polres Tanjab Barat Berhasil Ungkap 37 Kasus Narkoba dengan 55 Tersangka

Sebelumnya Rektor Unja, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, di Universitas Jambi.

“Ada 2 hal penting yang saya sampaikan yaitu kedepan akan adanya Rencana Manunggal TNI di Kabupaten Batanghari dimana melibatkan Mahasiswa terutama mahasiswa fakultas Pertanian dan Peternakan, kemudian akan ada kerja sama dengan TNI AD terkait untuk kepentingan dan kemajuan bangsa jika dibutuhkan oleh Jajaran Kodam II Sriwijaya khususnya Korem 042 Garuda Putih,” ujar Rektor.

Turut mendampingi Pangdam II/Sriwijaya, Danrem 042/Gapu Brigjen TNI Supriono, S.IP., M.M Danrem 043/Gatam, Kapoksahli Pangdam, Asintel, Asops dan Aster Kasdam II/Swj, Kapendam, Kasrem 042/Gapu, Para Kasi Kasrem 042/Gapu dan para Dandim jajaran Korem 042/Gapu.

 

Otentikasi : Penrem 042/Gapu

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

BBM Naik. Daerah Alami Inflasi, Ringankan Bebam Kapolsek Danau Teluk Bagikan Sembako ke Warga Sekitar

Berita

PENDAPATAN PRIBADI VS PENDAPATAN NEGARA

Berita

AKBP Padli Kapolres Tanjab Barat Terapkan Program BERES

Berita

Bantuan Kemanusiaan Polda Jambi Diserahkan di Posko Pengungsian, Kapolda : Semoga Bermanfaat dan Bisa Meringankan 

Berita

BPBD Muaro Jambi Terjunkan Puluhna Peraonil Manggala Agni Padamkan Api Di Petanang

Berita

Gelar Musrembangdes Sungai Jambat, Bahas Infrastruktur serta Penggalian Sungai Primer dan Sekunder. 

Berita

Ribuan Paket sembako Dibagikan Polda Jambi Ke Masyarakat

Berita

Ditpolairud Polda Jambi Amankan 10 Preman Pasar Angso Duo Lakukan Pungli