Ketua Panwascam Maro Sebo Resmi Lantik 12 Orang PPKD Terpilih.  Sedan Plat Merah Alami Kecelakaan Di Kota Jambi, Didalamnya Ada Wanita Bugil Heboh Kabar Penculikan Anak di SD Pembengis Di Konfirmasi Polres Setempat.  Sebanyak 28  Calon PPKD Kecamatan Maro Sebo, Yang Lulus Seleksi Administrasi Akan Ikuti Wawancara. Miris..!! Siti Zubaidah,Guru PNS, Setelah Pensiun Tidak Mendapatkan Haknya,Dia Berharap Bantuan Dari Presiden

DPRD MUARO JAMBI

Home / Berita

Jumat, 6 Januari 2023 - 14:13 WIB

Petani Karet Kabupaten Muaro jambi Menjerit. Harga Karet Anjlok Sejak July 2022. 

Ultimatum.id,MUARO JAMBI- Harga karet tingkat petani di beberapa kecamatan di kabupaten muaro jambi anjlok, hal ini diketahui langsung dari petani kecamatan Sungai Gelam dan Kecamatan Sekernan.Jum’at(6/1/23)

Seperti yang dikatakan sejumlah Petani di kecamatan Sungai Gelam, yang menuturkan saat ini harga karet semakin merosot. hingga berada dikisaran Rp 7.000 per kilogram.dan oleh sebab itu pendapatan petani karet di Kecamatan Sungai Gelam kini semakin terpuruk.

“Harga karet Rp 7.000 mas, dak naik-naik. Menjerit kami mas, mana harga sembako sekarang naik,”Terang Misria, petani karet yang juga ibu rumah tangga di Desa Kebun Sembilan, Kecamatan Sungai GGelam.

Lebih lanjut Misria menambahkan, selain harganya murah, hasil produksi karet saat ini juga menurun, lantaran kondisi daunnya yang berguguran.

“Sudah trek getahnya berkurang, gak naik-naik harganya. Harapannya semoga dinaikkan harganya, “ungkapnya.

Petani tetap menyadap karetnya demi dapat bertahan,dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya

Hal senada juga diungkapkan oleh Muslim, petani karet di Desa Kebun Sembilan lainnya, dia juga selaku Ketua RT.18, Desa Kebun Sembilan di mengungkapkan, petani karet di Desa nya saat ini mengeluh akibat dari dampak anjloknya harga karet.

Berita Terkait  Meriahkan HUT RI ke 77, Dirreskrimsus Polda Jambi Ikuti Lomba Lari 10k Finish Candi Muaro Jambi

“Jadi petani karet ini sangat mengeluh pak. malah Sembako mahal, belum lagi biaya anak sekolah,”tutur Mualim.

Mualim berharap, harga karet dapat kembali naik seperti masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang sempat menembus harga Rp. 20.000 per kilogram.

“Pada masa pak SBY petani karet cukup bergairah. Harga karet sempat menembus harga Rp 20.000 pak. Kami berharap harga karet kedepan bisa di atas Rp 10.000 perkilo. kilo,”jelasnya.

Berita Terkait  Tekan Laju  Inflasi Rakornas Pemkab Tanjabbar Tanam Cabai, Dan Maksimalkan Lahan Komoditi Padi. 

Sementara itu hal yang sama juga diutarakan oleh Selamet, salah seorang petani karet di Desa Sungai Gelam, Kecamatan Sungai Gelam.

Menurut selamet, harga karet yang ideal ditingkat petani saat ini minimal Rp 15.000 perkilogram. Saat ini harga jual karet dari petani ke tengkulak bertahan Rp 7.000 sejak hampir 8 bulan lalu.

“Harga karet lagi anjlok, gak stabil. Kalau bisa pemerintah harga karet ini dinaikan lah. Harga karet Rp 7.000, gak ada perubahan. Daun parah (pohon karet, red) lagi trek, ga ada getahnya. Biasanya seminggu bisa dua pikol (200 kilogram), sekarang mentok-mentoknya hanya sepikol (100 kilogram),”ungkap Selamet.

Sementara hal senada juga di ungkapkan Amir Warga Kelurahan Sengeti mengatakan harga karet jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kecamatan lain.

Berita Terkait  Breaking News, Pandu Si Pemilik Gudang Minyak Meledak Tertangkap

Petani karet kecamatan Sekernan saat ini melesu akibat harga karet yang tak kunjung naik.sejak beberapa bulan terakhir, namun tak ada pilihan petani tetap musti menyadap karet, meski hasilnya hanya pas-pasan untuk biaya kebutuhan hidup sehari-hari.

” Harga karet di kecamatan sekernan merosot drastis sejak bulan Juli 2022 lalu hanya Kisaran Rp. 6.800 /kg hingga sekarang, namun kami tetap harus menyadap karet, demi menutupi kebutuhan hidup sehari-hari. ” Ungkap Amir.

Lebih lanjut Dirinya berharap kepada pemerintah kabupaten muaro jambi agar dapat memberikan solusi supaya harga karet stabil dan mereka tidak kesulitan lagi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Kami berharap kepada pemerintah Muaro Jambi memperhatikan nasib para petani karet di kabupaten ini, yang idealnya harga karet normal Rp. 10.000, seperti harga karet enam bulan yang lalu.” Harap Amir Petani karet Kecamatan Sekernan.

(Wahid)

 

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

4 Rumah Petani Di Teluk Nilai Ludes Dilalap Jago Merah

Berita

Satreskrim Polres Tanjab Barat Amankan Warga Muaro Jambi.

Berita

Detik-detik Warga Belah Perut Ular Piton Sepanjang 7 Meter Yang Telan IRT di Betara

Berita

Didakwa Perkara TPPU Amir Hamzah Divonis BEBAS hakim PN Tanjabtim

Adventorial

Puluhan Calon PPPK Datangi DPRD Muaro Jambi, DPRD Minta”Agar Honorer Yang Masa Pengabdian Lebih Lama Diprioritaskan.

Berita

LSM SEMBILAN Layangkan Surat Ke Kemenag RI,Soal Pembangunan Kontruksi Yang Mirip Sekali Dengan Bentuk Rupa Ka’bah Al-Musyarrafah. 

Berita

BPBD Muarojambi Beeupaya Usulkan Langsung Dibawah Naungan BNPB Pusat.

Berita

BPBD Kabupaten Muaro Jambi Rutin Gelar Apel Pagi Setiap Senin