Setidaknya 12 Ruko Diperkirakan Ludes Terbakar Pada Peristiwa Tadi Malam BREAKING NEWS : Kebakaran Terjadi Lagi di Kuala Tungkal Terkesan Ada Pembiaran. Bertahun-tahun Aset Sejarah Kabupaten Muaro Jambi Dijarah. ANGGARAN DAN KEPANIKAN KEBIJAKAN PANIK Setelah Blokir Jalan Kemudian Di Buka Aparat. Lalu Warga Mudung Darat Gotong Royong Perbaiki Sendiri Jalan Yang Rusak.

Home / Berita / Daerah / POLDA JAMBI

Senin, 3 Oktober 2022 - 10:41 WIB

Polda Jambi Gelar Apel Kesiapan Operasi Zebra Siginjai 2022,Dan Terjunkan 691 Personil.

Ultimatum.id,JAMBI – Kepolisian Daerah Jambi menggelar apel gelar Pasukan Operasi Zebra 2022 Serentak akan berlangsung selama 2 minggu dimulai dari tanggal 3 Oktober hingga 16 Oktober dengan beberapa sasaran bertempat di Lapangan Hitam Mapolda Jambi, Senin (13/10/22).

Apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Yudawan R yang turut dihadiri Wakil Gubernur Jambi Drs H Abdullah Sani, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Perwakilan Kejaksaan Tinggi Jambi, Pengadilan Negeri, Danrem 042 Gapu yang diwakili Kasrem 042 Gapu, Dandenpom II Sriwijaya, Pejabat Utama Polda Jambi, dan para peserta apel dari TNI dan Polri, Satpol PP, dan Jasa Raharja.

Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Yudawan R, saat memeberikan arahan dalam sambutannya kepada personilnya

Dalam sambutannya, Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo yang dibacakan Wakapolda Jambi Brigjen Pol Drs Yudawan R bahwa tujuan Operasi Zebra ini agar masyarakat tertib berlalu lintas guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Kamseltibcarlantas sendiri adalah situasi dan kondisi dimana penggunaan lalu lintas dirasa baik dengan atau tanpa kendaraan, merasa aman karena terbebas dari rasa ketakutan,adanya ancaman hambatan maupun gangguan.

Sejalan dengan hal tersebut peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat yang terjadi dari beberapa sektor, tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas yang mana beberapa penyebab kemacetan antara lain infrastruktur jalan yang kurang baik, tanjakan yang cukup tinggi dan turunan yang cukup tajam, volume arus kendaraan yang tidak seimbang serta angkutan batubara yang belum menggunakan Jalan khusus.

” Sasaran Operasi Zebra kali ini selain kendaraan roda 4 dan 2 yaitu angkutan batubara yang masih melanggar ,” ujarnya.

Dengan dilaksanakannya Operasi Zebra ini, Wakapolda Jambi berharap akan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yakni meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya, meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Personel yang diterjunkan dalam Operasi Zebra Siginjai sebanyak 691 personel gabungan dari beberapa Satker Polda Jambi

Kemudian, menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap polri dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas serta terwujudnya situasi kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif.

“Pelaksanaan operasi Zebra tahun 2022 ini lebih mengedepankan kepada kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis didukung pola Gakkum Lantas secara elektronik atau teguran simpatik dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polri dengan tetap menerapkan Prokes Covid-19,”ujarnya.

Adapun sasaran selama Operasi Zebra Siginjai berlangsung yakni :

1. Tidak gunakan helm/ helm tidak SNI
2. Pengemudi yang dalam keadaan mengantuk atau mabuk
3. Melawan arus
4. Pegemudi di bawah umur
5. Kecepatan tinggi
6. Tidak gunakan sabuk keselamatan
7.Berboncengan lebih dari 1 orang.

Disamping itu, Wakapolda Jambi menambahkan sasaran penegakan hukum Operasi Zebra Siginjai 2022 juga dilakukan terhadap angkutan batubara yang menjadi atensi kita bersama dan sudah sangat meresahkan masyarakat.

“Angkutan batubara ini perlu penanganan khusus agar tidak menimbulkan konflik sosial dan terganggunya kegiatan ekonomi,” jelasnya.

Ia menyebutkan jumlah personel yang diterjunkan dalam Operasi Zebra Siginjai sebanyak 691 personel gabungan dari beberapa Satker Polda Jambi dan stakeholder terkait.

“Jaga kedisiplinan dan selalu menerapkan protokol kesehatan antisipasi penyebaran covid-19 dalam menjalankan tugas, ” pungkasnya.

(Dhea)

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Wow BD Ganja Seberat 4,8 Kg, Yang Berhasil Dibekuk Ditresnarkoba Polda Jambi Berstatus Pelajar.

Berita

Ihsan Atlet FPTI Tanjabbar Berpeluang Ikuti Kejurnas di Ambon Maluku

Berita

Terkait Pembangunan Jembatan Gantung Seponjen Yang Jadi Sorotan Anggota DPRD. Yultasmi Sebut Itu Hanya Diatas Panggung.

Berita

Kampung Narkoba Pulau Pandan Di Gebek,7 Orang Diamankan Polisi.

Berita

RAMALAN PROGRAM RENUNGAN JURU RAMAL

Berita

Ini Kronologis Lakalantas Honda Beat VS Dump Truck di Teluk Nilau

Berita

Stockpile PT.TGM Masih Beraktivitas Di Area Situs Cagar Budaya Candi Muaro jambi, Pemda Sepertinya Tidak Berdaya.

Berita

Tergiur Nikah Dengan WNA, Anak Jangan Jadi Korban