DPRD Muaro Jambi Gelar Rapat Paripurna Dan Setujui Ranperda Disahkan Menjadi Perda.  Bupati Anwar Sadat Hadiri Pengajian Akbar Di Desa Tanah Tumbuh Ketua Panwascam Maro Sebo Resmi Lantik 12 Orang PPKD Terpilih.  Sedan Plat Merah Alami Kecelakaan Di Kota Jambi, Didalamnya Ada Wanita Bugil Heboh Kabar Penculikan Anak di SD Pembengis Di Konfirmasi Polres Setempat. 

DPRD MUARO JAMBI

Home / Berita / Muaro Jambi

Jumat, 9 September 2022 - 21:39 WIB

Tekan Inflasi Pemkab Muarojambi galakkan Gerakan Menanam Cabe, Dan Anggarkan Dana Untuk Kelompok Tani Rp.5 Milyar.

Ultimatum.id,MUARO JAMBI – Pasca kenaikan harga BBM di Indonesia tentunya menimbulkan dampak Inflasi terhadap perekonomian nasional, Tak terkecuali dengan Provinsi Jambi dan otomatis kabupaten Muaro Jambi juga ikut terdampak inflasi saat ini,

Sekda Muaro Jambi Budi Hartono saat di temui di ruangan kerjanya kepada pewarta mengatakan provinsi Jambi merupakan salah satu provinsi yang cukup tinggi bahkan bulan lalu inflasi di Provinsi Jambi tertinggi di Indonesia.

“Sebagaimana kita ketahui bulan lalu inflasi di provinsi Jambi mencapai Angga 8.55% untuk itu gubernur Jambi melakukan upaya dalam pengendalian inflasi dengan memanggil seluruh bupati se-provinsi Jambi.” Sampai Sekda.(9/922).

Lebih lanjut kata sekda kabupaten Muaro Jambi sendiri menindaklanjuti arahan gubernur Jambi dalam menekan inflasi di kabupaten Muarojambi sudah melakukan langkah-langkah lanjutan dengan sudah melakukan rapat koordinasi dengan tim pengendalian inflasi di daerah.

Berita Terkait  LAND REFORM DALAM PUSARAN HGU VERSUS PANSUS DAN PNBP

“Salah satu upaya kongkrit kita dalam menindaklanjuti intruksi gubernur dalam upaya menekan inflasi adalah dengan m lakukan gerakan menanam cabe,” Jelas Sekda.

Dia melanjutkan, karena cabe merupakan salah satu komoditas yang berkontribusi besar meningkatkan inflasi.dan dengan digalakkan menanam cabe diharapkan dapat menekan inflasi Teruma di kabupaten Muaro Jambi.

“Kita sudah mengeluarkan edaran gerakan menanm cabe di tempat masing,kepada seluruh kepala OPD setiap pejabat eselon II diwajibkan 10 polibag dan 3 Polibag kepada eselon III diwajibkan menanam cabe. ”
Sampainya.

SekdaJuga berharap kepada seluruh kepala desa mendukung program ini dan kemudian kepala desa agar dapat diteruskan kepada perangkat-perangkat desa masing-masing se-kabupaten Muaro Jambi bahkan diharapakn kepada seluruh masyarakat kabupaten Muarojambi agar dapat menggalakkan gerakan menanam cabe ini.

Berita Terkait  PT. JII JAMB BUKAN PANGGUNG POLITIK

“Konsumsi Masyarakat terhadap komoditi cabe kan tinggi Karena dengan adanya gerakan seperti ini diharapakan konsumsi terhadap komoditi ini bisa terpenuhi,dan bisa menekan peningkatan harga cabe itu sendiri, dan kemudian dapat meningkatkan daya beli komiditi lainnya, karena kebutuhan masyarakat akan cabe terpenuhi.” Itu yang pertama Sampai Sekda.

Dan yang ke-dua kata sekda Pemda tidak hanya sekedar menghimbau untuk menggalakkan gerakan menanam cabe ini. Pemda Muarojambi saat ini juga sudah menyisihkan 2 % dana dari dana transfer umum.

“Diperkirakan 2% dana tersebut sebesar Rp.5 Milyar, untuk menekan inflasi di kabupaten Muarojambi saat ini.”Sampai Budi Hartono.

Berita Terkait  60 Orang Ditetapkan Sebagai Tersangka Penyalahgunaan Narkotika Usia 15 Hingga 45 Tahun

Dan Dana tersebut akan di alokasikan kepada kelompok tani masyarakat melalui dinas terkait seperti dinas sosial,dinas holtikultura dan ketahanan pangan, dinas koperindag, sesuai dengan tupoksi masing-masing untuk dapat menekan inflasi ini.

“Semua dana itu akan kembali kepada masyarakat untuk menumbuhkan centra-centra cabe dikabupaten ini, bahkan jika perlu Pemkab akan memberikan bantuan sosial dengan memberikan sembako secara langsung kepada masyarakat,bahkan melalui koperindag akan lakukan operasi pasar,jika eskalasi terus meningkat.” Pungkas Sekda.

Untuk diketahui pada tahun 2022 sendiri Pemkab Muaro Jambi sudah memberikan bantuan bibit cabai dengan anggaran APBD, diperkirakan cukup untuk lahan seluas 20 hektar di daerah sungai gelam, dan pada anggaran perubahan akan di tambahkan lagi agar bisa diperluas lagi wilayahnya.

(Wahid).

 

Print Friendly, PDF & Email

Share :

Baca Juga

Berita

Simpan 515 Pil Exctasy dan 15 Paket Sabu Siap Edar, Seorang Pemuda Dibekuk Sat Narkoba Polresta Jambi 

Berita

Viral Video Geng Motor Bawa Sajam, Dirreskrimum Polda Jambi: Itu Video Lama Pelaku Sudah Diamankan

Berita

Bupati Tanjabtim Hadiri Peresmian Masjid As-Syarif Kodim 0419/Tanjab

Berita

Konferprov PWI Jambi Ricuh, PWI Sudah Berubah Jadi (PWJB)Partai Wartawan Indonesia Jambi.

Berita

Ditpolairud Polda Jambi Amankan 10 Preman Pasar Angso Duo Lakukan Pungli

Berita

4 Orang Komplotan Geng Motor Kembali Diamankan Polisi

Berita

Miris..!! Siti Zubaidah,Guru PNS, Setelah Pensiun Tidak Mendapatkan Haknya,Dia Berharap Bantuan Dari Presiden

Berita

Ditlantas Polda Jambi Akan Gelar Operasi Zebra Siginjai. Dimulai 3 Oktober Mendatang.